Kesuksesan situs lelang dan jual beli online memang tidak bisa dilepaskan dari eBay. Situs yang didirikan oleh Pierre Omidyar pada 1995 ini telah berhasil menancapkan kuku sebagai situs yang menjembatani penjual dan pembeli barang dan jasa di seluruh dunia. Dunia internet yang dalam istilah Thomas L. Friedman mampu mengubah dunia menjadi datar (world is flat) mampu menjungkirbalikkan asumsi bisnis konvensional yang harus melibatkan secara fisik antara pembeli dan penjual. Di tangan situs tersebut, penjual barang yang berada entah di mana bisa menjual barang ke pembeli yang berada di belahan dunia lainnya. Tentu, kemudahan bertransaksinya tidak kemudian semudah membalikkan tangan, karena butuh trust (kepercayaan) dari pembeli dan penjual memanfaatkan sarana pembayaran yang difasilitas oleh situs tersebut.
Dalam buku the eBay Billionares' Club karya Amy Joyner (2007), ia menyebut bahwa ada beberapa kunci bagi para penjual bisa memanfaatkan situs lelang dan jual beli. Kunci itu di antaranya adalah bagaimana strategi memulai bisnis dengan bergabung ke situs lelang dan jual beli. Kunci yang lain adalah manajemen stok, pengiriman yang harus efisien, mengatasi pembeli dari mancanegara, mengatur karyawan, menarik minat dari peserta di situs lelang, dan memanfaatkan trafik situs lelang dan jual beli untuk membangun web site korporat sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar